Negara ASEAN dan sepeda motor pada dasarnya adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Makanya kalau traveling ke negara tetangga kayak Malaysia, Thailand, bahkan Vietnam sekalipun, pemandangan sepeda motor yang asal nyelip di jalanan jadi biasa aja karena sejujurnya kelakuan para pengendaranya emang mirip-mirip. Waktu ke Ho Chi Mihn di 2019 lalu, motor-motor ini juga salah satu yang paling meresahkan karena suka muncul tiba-tiba kalau kita mau nyebrang atau ya mereka simply ngaco aja nyetirnya. Fenomena sen kanan belok kiri juga ada banget. Belum lagi helm yang mereka pake kayaknya jauh banget dari standar keamanan bikin gue makin degdegan. Sayangnya sampai akhir trip kita juga nggak berhasil mengumpulkan keberanian buat naik ojek Vietnam, jadi ya udah kita foto candid aja sama abangnya.

Abang Go-Viet <3

Lain Vietnam, lain Thailand. Dulu banget gue pernah denger senior di kampus ada yang bilang, kalau lo berhasil menaklukkan jalanan Bangkok, berarti lo akan bisa menaklukkan jalanan mana pun di Jakarta. Katanya sih karena lagi-lagi pengendara motornya suka ngaco (biasa). Testimoni ini diperkuat dengan video Tiktok yang sempet gue tonton waktu research sebelum ke Bangkok. Di video itu ada mbak-mbak orang Indonesia yang naik ojek online di Bangkok dan dia beneren istighfar sepanjang jalan karena abang ojeknya bawa motornya ngebut, lewat jembatan yang kecil banget, bahkan lewat depan rumah orang. Pokoknya jalanan yang dilewatin ini jelas bukan sesuai yang tertera di maps-nya. Dan kali pertama gue ke Bangkok, gue dan teman-teman memutuskan untuk tidak naik ojek di sana karena (lagi-lagi) kami masih sayang nyawa.

Sayangnya motivasi utama gue agaknya bukan masalah keselamatan, tapi masalah ekonomi alias harga. Karena kedua kali gue ke Bangkok, gue akhirnya memberanikan diri naik ojek online. Bukan sekali, tapi dua kali. Semua gue lakukan karena lumayan stress melihat harga taksi di aplikasi pada saat gue cuma traveling sendirian dan kondisi keuangan mulai menipis. Maka dengan penuh keyakinan gue akhirnya memilih opsi ojek dengan harga sepertiganya taksi. Di kepala gue cuma, "Ah santai lah, 12 km mah kayak Ciputat-BSD."

Gue kemudian menunggu ojek online gue datang sambil makan onigiri dengan tenang, tanpa tau kalau setelahnya adalah petualangan menantang maut.

Waktu si abang ojeknya dateng, gue langsung menunjukkan layar ponsel ke mukanya supaya dia ngecek apakah dia beneran abang ojek yang gue pesan (tentu saja karena gue nggak bisa Thai dan kayaknya dia nggak bisa English juga). Setelah abangnya ngangguk, sempetlah kita diem beberapa detik. Iya, gue nungguin abangnya ngasihin helm karena itu nggak sih standar pelayanan ojek online? Di Indonesia juga gitu kan…. Tapi akhirnya gue sadar kalau sampe tahun baru gue nungguin pun, itu helm juga kagak bakal dikasih. Karena ya emang bapaknya nggak bawa helm selain yang dia pakai. Maka dengan mengucap bismillah dalam hati, gue naik ke atas motor (sambil mengharap pelindungan Tuhan).

Tapi ternyata ancaman keselamatan gue tidak hanya sampai di situ. Abang ojeknya beneran nyetirnya ngaco banget saudara-saudara. Kayak dia seenaknya banget motong jalan, mana pas motong juga kayak nggak liat kanan-kiri. Terus awalnya gue bingung kenapa ini abangnya suka nengok dan ngangguk mulu tiap mau motong jalan atau pindah lajur. Eh ternyata… DIA NGGAK PAKE SPION!! Ya Allah lindungi hamba-Mu, gue beneran berdoa sambil menertawakan kegilaan gue menantang maut.

Jalanan Bangkok malam hari

Dan nyawa gue beneran setengah melayang pas tiba-tiba ini motor naik
fly over yang makin lama kok makin tinggi. Sekian menit kemudian gue baru sadar kalau itu setara jalan layang non-tol (JLNT) kalau di Jakarta. Coy, demi Tuhan itu tinggi banget dan anginnya gede banget. Tangan gue yang pada dasarnya udah dingin dan gemetaran karena telat makan, ini makin dingin dan gemeteran. Tapi yang gue heran kok ya banyak aja gitu motor yang ikutan naik?!

Nah pas turun udah tuh gue lega. Sayangnya itu hanya bertahan sementara karena habis itu dia naik JLNT yang lebih ekstrem lagi dan kali ini gue beneran liat ada tanda motor dilarang lewat. Cuma ya ini banyak juga motor yang naik, mana saingannya sama truk lagi. Gue jujur termasuk yang suka cuek kalo naik ojek online dan abangnya naik JLNT Kasablanka yang dilarang buat motor juga (iya, ini jangan ditiru). Cuma ya di Bangkok ini sensasinya beda banget anjir.

Dalam kondisi setengah ngawang ini gue lalu merenung. Owalah… pantesan kalau dicek di maps tuh tadi sempet nggak ada pilihan jalur motornya. Jalur mobil pun tulisannya lewat tol. Jadi ternyata ini maksudnya. Apakah emang secara legal emang harusnya motor nggak bisa lewat sini? (tapi kalo dicek lagi kemudian sih ada jalur motornya, entahlah).

Ya pada akhirnya sih gue sampe juga di Rajamanggala dengan aman sentosa walaupun aslinya kepala gue beneran keliyengan dan tangan gemeteran. Thanks to abangnya, gue nggak jadi telat karena kelamaan nunggu bus yang nggak jelas kapan datengnya. 

Sejenak pengalaman horor naik ojek ini sempat gue lupakan, digantikan oleh space otak gue yang terpakai buat mengagumi kegantengan Jeon Wonwoo. Dan tentu saja pengalaman nonton konser pertama kali di Thailand yang yaaaaa gitu deh (cerita yang ini di lain waktu yaa).

Aslinya juga gue teh udah nggak ingin pulang naik ojek. Mana di dalem tuh banyak abang ojek yang udah nawarin tapi harganya nembak gitu. Ini juga ya, mereka di dalem komplek stadion yang isinya manusia gitu juga nyetirnya ngasal banget ya Tuhan… belum lagi ada aja yang berani bonceng tiga gitu ngakak deh halo ini Bangkok apa Tangsel ya? Cuma karena jadi lautan manusia juga di depan tuh macet banget dan naik taksi online pasti lama dan harganya mahal. Ada sih taksi konvensional dan juga tuktuk. Tapi pengalaman mengajarkan bahwa naik taksi konvensional dan tuktuk di Bangkok jadinya mahal banget karena abangnya suka nembak harga asal, apalagi di tempat ramai gini kan. Jadi ya gimana… lagi-lagi kondisi ekonomi gue memaksa untuk pilih naik ojek aja. Dan pas nyoba pesen beneran dapet dong, ini takdir kata gue mah. Takdir menantang maut.

Pas dateng sih abangnya terlihat lebih ramah ya dari yang tadi pas berangkat. Mana motornya lebih baru dan lebih gede. Jadi misal nanti lewat JLNT lagi gue agak lebih percaya diri nggak terbang karena lebih berat, gitu aja pemikiran pendek gue. Waktu abangnya nggak ngasih helm gue udah kayak pasrah aja. Sekian detik setelah naik tuh juga abangnya kayak ngomong apa gitu pakai Thai. Awalnya gue kira dia kayak nanya “Ini acara apa sih kok rame dan macet banget?”  Tapi gue kan budeg juga pada dasarnya jadi gue jawabnya cuma, “Sorry? I can’t speak Thai…” maksudnya sekalian biar dia nggak usah ajak ngobrol lagi juga. Selain gue nggak akan paham dia ngomong apa, otak gue ini juga udah kehabisan bahan bakar alias gue laper banget dan cuma ingin segera sampai hotel. Tapi abis gue jawab gitu kok ya ini abangnya ngomong mulu nggak kelar-kelar… setelah gue perhatiin ternyata dia bawa motor sambil telpon dong. YA TUHAN AKU INGIN BERTERIAK!!

Lalu setelah jalanan lengang abangnya NGEBUT yang beneran ngebut sampai kalau ketemu jalan nggak rata gitu gue rasanya beneran mau loncat. Kalau pas tadi berangkat gue sekedar masukin ponsel ke tas karena takut jatuh pas megangnyaa nggak kenceng, ini sampai ponsel gue masukin tas dan ditaruh tengah. Terus tangan gue pegangan besi yang di belakang itu. Setakut itu beneran aku jatoh kelempar. Jadi yang kali ini beneran kombo:

  1. Nggak pake helm

  2. Abangnya ngebut

  3. Abangnya sambil nelpon

  4. Jalanan gelap

  5. Motornya masuk JLNT dan jalanan belakang pabrik

Sepanjang perjalanan yang ini beneran gue langsung tambah beriman karena nyebut mulu. Dalam kepala gue cuma mikir ini gue udah bilang nyokap lagi di jalan pulang ke hotel dan gue udah beli asuransi perjalanan. Bismillah aja semoga sampai dengan selamat.

Dan ya selamat juga sih akhirnya. Buktinya gue bisa ngetik ini sekarang. Ini pesan layanan masyarakat juga ya buat kalian yang mau traveling ke Bangkok dan mikir buat naik ojek online, bersiaplah dengan petualangan memicu adrenalin dan menantang maut 🙂




Comments

Popular Posts