Vietnam: A Long Forgotten Dream

Well, since i haven't posted anything about Vietnam, here we go! (ya, lumayan telat hampir 3 tahun)

Kisah ini dimulai dari bercandaan dua anak manusia 9 tahun silam. Waktu itu gue yang lagi di Bali malah ngibul ke Chalau kalau gue lagi di Vietnam. Hahaha agak jauh emang, tapi di masa itu gue emang penasaran banget sama Ha Long Bay mengingat bokap yang selalu menolak ajakan ke Bali dengan alasan "Ngapain ke Bali?! Mending ke Ha Long Bay". Dan siapa yang nyangka sih kalau 6 tahun kemudian, gue beneran bisa nyampe ke Vietnam walaupun belum berkesempatan ke Ha Long Bay-nya. Ha Long Bay tuh adanya di utara, deket Hanoi jadi tiketnya lebih mahal daripada pilihan gue, yaitu Ho Chi Mihn yang ada di selatan.

Perjalanan kali ini gue nggak pergi berdua Chalau seperti South East Asian trip lainnya. Kali ini personil ditambah Avel, temen kita jaman SMA juga. Avel akhirnya memutuskan buat ikut sama gue dan Chalau waktu gue dan dia ngobrol-ngobrol di dalam bus menuju KL dari Malaka, 2 bulan sebelumnya (cerita ke Malaka udah ada di sini). Tapi jadinya si Avel nggak bareng sama kita di beberapa flight karena kalau nyamain, harganya udah nggak masuk akal. Maklum itu pas banget liburan Natal 2018.

Singkat cerita, sampailah kita di Tan Son Nhat International Airport. Jujur airport-nya ramai banget. Nggak tau emang biasanya ramai atau karena lagi musim liburan juga kan. Fenomena ini jelas bertolak belakang sama orang imigrasinya yang mengucap "hai" pun tidak. Tapi ya setelah ke Luang Prabang dan Shanghai gue akhirnya maklum. Mungkin emang kebiasaan negara komunis gitu kali ya. Keluar bandara, seperti layaknya ibu kota negara Asia Tenggara lain, pilihan transportasi paling nyaman dari bandara adalah Grab (thank you Grab!), apalagi kita perginya bertiga. Nah Grab di sini tuh kebanyakan sedan kayak yang buat taksi konvensional gitu loh. Sama kayak di Manila.

Nah karena kita sampai sana masih sekitar jam 10 pagi yang artinya waktu check in juga masih lama, akhirnya kita memutuskan buat makan dulu. Pilihan pertama jelas jatuh pada pho. Duh, udah sampai Vietnam dan nggak makan pho tuh kayaknya dosa besar banget deh. Nyari pho di Vietnam tuh kayak nyari mie ayam di Jakarta, tiap 5 meter juga ada yang jualan. Tapi kalau nyari pho halal, beda lagi ceritanya. Jangan putus asa dulu, guys. Di deket Nancy Mosque, District 1, ada pho halal yang terkenal, namanya Pho Muslim. Lokasinya lumayan masuk gang di belakang si masjidnya. Tapi nggak susah kok dicarinya. Lagian, semua itu semua akan terbayar begitu merasakan kuah kaldu yang gurih, mie yang kenyal, dan juga daging yang berlimpah. Yum!

Pas mesen agak kaget juga sih yang jual pake bahasa Melayu. Belum lagi pilihan menunya kayak Teh O dan Teh Tarik. Setelah diusut ternyata yang jual kayak pernah tinggal di Malaysia gitu (kalo nggak salah inget ceritanya). Tapi jujur deh kayaknya kalo nyari makanan halal di negara Asia Tenggara tuh ujungnya Malaysia lagi. Entah orangnya adalah warga lokal yang pernah tinggal di Malaysia, nikah sama orang Malaysia, atau ya emang orang Malaysia. Beneran di mana-mana banget deh.

Selesai makan, masih belum waktunya check in juga. Tadinya mau ngadem di Nancy Mosque sekalian nunggu dzuhur, eh masjidnya masih dikunci. Daripada ngemper nggak jelas, akhirnya kita memutuskan buat jalan kaki ke hostel yang kalau kata maps jaraknya cuma 2 km. Sayangnya, 2 km di sini bisa kayak jauhhhhh banget soalnya panas! Eh kebetulan juga jiwa random kita muncul sehingga mengakibatkan pada mampirnya kita ke sebuah toko buku dan juga minimarket. Sepanjang jalan kita merasa kayak balik ke Indonesia tahun 90an. Suasananya familiar, tapi lawas. Terima kasih juga pada maps yang bikin kita masuk-masuk ke gang yang juga berfungsi jadi pasar. Terus banyak daging babinya dan gue hampir muntah  liat potongan babi hiks :(

Menjelang sore baru deh kita keluar. Tujuannya adalah Saigon Cathedral of Notre Dame dan Saigon Post Office yang letaknya seberang-seberangan. Sayangnya waktu itu katedralnya lagi direnovasi, jadinya kita nggak bisa masuk. Terus jujur gue bingung sih sama post office-nya. Iya, bangunannya bagus, tapi kalau dibilang udah beralih fungsi jadi museum, gue bingung sebelah mana museumnya. Lah wong isinya orang jualan kok. Tapi katanya kalau kalian mau beli postcard dan langsung dikirim juga bisa karena ya dia emang kantor pos kan... Yang jelas, dua lokasi ini rame banget sama turis yang kebanyakan datengnya pake bus atau van gede-gede gitu.

Setelah dirasa cukup, kita jalan ke Saigon Independence Palace. Tapi sayang banget! Nyampe sana udah kesorean, jadi gak bisa masuk. Kecewa, akhirnya kita jalan lagi Ben Thanh Market. Katanya sih kalau beli souvenir di sini. Jujur gue pikir bentuknya akan kayak night market lucu-lucuan gitu kan. Taunya ini mah beneran pasar! Kayak Tanah Abang gitu. Yang jualan banyak dan galak-galak banget. Kebayang nggak sih udah overwhelmed karena banyak pilihan, eh ini malah digalakin sama penjualnya. Tips aja nih, kalau mau beli mending cari yang penjualnya cowok dan jangan kebanyakan nawar kalau nggak pengen-pengen amat. Daripada kena semprot kan!

Keluar dari Ben Thanh Market kita sempet masuk salah satu resto halal di deket situ. Chalau makan ayam bakar sedangkan gue cuma minum mango lassi. Nah katanya tuh ada satu gang deket Ben Thanh yang isinya mayoritas muslim, cuma nyari di maps tuh kita nggak nemu. Jadinya kita jalan lagi deh. Malam itu akhirnya kita habiskan di cafe -nya anak gaul Ho Chi Mihn yang lokasinya di dalem apartemen deket City Hall. Yang menarik, satu bangunan apartemen emang isinya kebanyakan resto ama cafe, tapi masa buat naik lift-nya kita harus bayar gitu. Atau kalau mau gratis, ya silakan naik tangga sampai lantai 7 hahaha. Tapi tenang guys, sebagian besar cafe ini akan nge-refund ongkos naik lift kalian asalkan kalian beli makanan.

Nah, ini nih yang beda dari trip sebelumnya. Seumur-umur nge-trip, baru kali ini gue ikutan tour yang ramean gitu. Kita memutuskan untuk ikutan tour ke Chu Chi Tunnel dan Cao Dai Temple karena dua tempat ini lumayan jauh dari kota dan peer banget aja kayaknya kalau ke sana sendiri. Sekitar jam 8 kita udah kumpul di depan sebuah ruko di mana semua turis yang mau ikutan tur ke berbagai tempat, ngumpul. Dan itu jumlah turisnya banyak. Banget. Perjalanan ke Cao Dai Temple sekitar 2 jam kali ya. Gak tau deh, tapi lama banget. Gue yang emang lagi diare rasanya tersiksa banget coy. Untungnya tour guide kita, Dong (iya namanya sama kayak nama mata uang Vietnam! Bayangin ada orang ngenalin diri, "Kenalin saya Rupiah", lol), informatif banget. Sepanjang jalan dia ceritain segala yang kita lewatin. Sampe long leg coffee shop juga dia ceritain. Buat yang gak tau, long leg coffee shop itu kayak warkop tapi yang ngelayanin mba-mba pake rok panjang dengan belahan super tinggi. Kalau di Indonesia mungkin agak mirip kopi pangku kali ya konsepnya.

Setelah menempuh perjalan yang cukup menyiksa, akhirnya sampailah kita di tujuan pertama, Cao Dai Temple. Cao Dai sendiri adalah sebuah agama baru yang cukup hits di Vietnam. Katanya sih dia adalah gabungan beberapa agama kayak Islam, Kristen, Budha, dan Hindu gitu. Menurut filosofi mereka, perbedaan agama yang ada selama ini cuma bikin peperangan antar agama. Maka mereka bikinlah si Cao Dai yang menyatukan semua agama. Gitu deh ceritanya semoga gue nggak salah tafsir. Nah, kalau temple-nya sendiri sebenernya adalah bangunan kayak temple biasa. Cuma ada dekorasi yang paling mencolok, yaitu gambar mata di dalam segitiga. Pas nyampe sana kebetulan emang pas ibadah gitu dan kita boleh 'nonton' ritual ibadah mereka itu. Cuma jujur gue agak kaget pas tau kita boleh nonton dari lantai 2 di mana di lantai itu juga sebenernya ada jemaat yang ibadah. Terus kan turis lalu-lalang gitu dong. Jadilah kita ngelewatin orang-orang ibadah. Gue merasa nggak sopan banget sejujurnya. Apalagi cara ibadah meraka tuh yang ada gerakan dan bacaan khusus gitu loh, dan semua orang khusyuk, fokus. Kebayang gak sih lo lagi shalat terus ada orang asing nonton dan lalu-lalang di depan lo?! Tapi ya udah lah. Toh dari sejam waktu gue di dalem tempat ibadah itu lebih dari setengahnya juga gue habiskan dengan mencuri pandang ke mas-mas bule super ganteng di samping gue HAHAHA (kesekian kalinya gue ketemu mas bule tapi cupu deh nggak pernah berani ngajak kenalan lmao)

Dari Cao Dai Temple, perjalanan dilanjutkan ke destinasi wajib semua turis, the super famous Chu Chi Tunnel yang ditempuh dengan sekitar sejam perjalanan dan diselingi makan di salah satu restoran lokal. Another blessing nyobain local cuisine, homemade lagi! Makannya mirip banget sama makanan Indonesia, segala ada sop sayur buncis dan tahu tumis kuning gitu. Cuma bedanya dia ngehidanginnya pake mangkuk kecil-kecil dan sumpit resto Cina gitu. Yang lucu kan kita request ke Dong buat minta makanan vegan kan, nggak ada pilihan halal maaf jadi ya vegan paling aman. Terus udah mulai makan, pas nengok meja sebelah kok makanannya sama... cuma dia ada potongan dagingnya punya kita nggak ada. Tertawa getirlah kita, anjir ini jangan-jangan cuma dikeluarin dagingnya wkwk ya udah pasrah dah kan kita udah usaha ye nggak?

Chu Chi Tunnel pada dasarnya adalah area hutan yang di bawahnya ada banyak terowongan panjuangggg dan bertingkat-bertingkat. Konon terowongan ini dipakai sebagai tempat tinggal para Vietcong selama perang Vietnam. Bayangin aja sebuah desa di dalam tanah. Lengkap banget ada rumah, dapur, ruang komando, bahkan rumah sakit. Di Chu Chi Tunnel ini, buat yang mau nyobain masuk ke terowongannya sambil menghayati kehidupan para Vietcong juga bisa. Gue jelas nggak mau melewatkan kesempatan ini. Waktu masuk rasanya dingin dan gelap. di hampir seluruh terowongan gue harus nunduk. Padahal gue kan pendek. Bayangin deh bule-bule yang masuk bareng gue seberjuang apa mereka. Tapi kalau kata tour guide-nya ini terowongan yang kita lewatin tuh udah digedein, aslinya lebih kecil lagi. Gilaaaa tersiksa kagak sih tuh. Tapi ya saking secretive-nya mereka jadinya berhasil melalu masa perang di sini. Di ujung track, ada pendopo gitu sih kita dijelasin fungsi tunnel ini dan cerita perjuangan selama perang. Ada toko souvenir juga kalo mau beli replika barang-barang selama perang Vietnam gitu.

Nyampe Ho Chi Mihn lagi udah sore menjelang malem. Oh iya kita juga nyobain La Vong. Ini semacem grilled fish gitu yang dimakan pake dedaunan dan bihun. La Vong sebenernya makanan khas Hanoi, kita makan di situ atas rekomendasi seorang teman #aseeek. Resto Ca Cha La Vong ini dari luar juga keliatan mayan mahal gitu kan. Pas cek harganya juga emang mahal wkwk. Tapi ya kapan lagi lah. Pas dateng banyak banget... condiment-nya wkwk asli ikannya kek cuma 2 sendok kali. Terus si mbaknya ngajarin cara makannya gimana. Nah salah satunya pake saus yang baunya ya Tuhan... ingetnya aja pengen muntah. Kalo kata Chalau sih itu jeroan ikan difermentasi. Udah tau nggak bakal suka gue tetep penasaran kan, tapi makannya di akhir gue sisain 2 suap buat dikasih saus itu. Dan beneran... nggak ketelen. Jujur agak traumatis. Terus pas bayar lebih trauma lagi karena kerupuknya MAHAL.

Ya udah, karena ini malam terakhir, akhirnya kita memutuskan menghabiskan malam dengan keliling berburu oleh-oleh. Yang dicari ya apa lagi kalau bukan kopi Vietnam sama kaos deh buat iseng. Kopi yang terkenal sih katanya Trung Nguyen. Terus gue juga nyobain Phuc Long. Jangan tanya rasanya, udah lupa wkwk. Selain itu kita sempet nemu toko souvenir yang gemes banget. Gemes dalam artian banyak barang aneh. Dari mulai coffee drip kayak yang biasa buat di kopi Vietnam sampe kaos atau tas dengan sablon poster propaganda komunis. Kebayang kan gambar poster propaganda negara komunis tuh khas banget. Asli gemes banget mau beli tapi takut ditangkep karena dikira pe-ka-i (padahal pas ke Cina pas 2019 akhirnya gue beli mug kecil gambar muka Mao lmao).

Dan di malem terkahir itu kan tanggal 23 Desember 2018 ya, jadi itu jalanan Ho Chi Minh rame banget sama manusia kayak mau ngerayain natal. Banyak yang pake dress merah gitu gemes banget. Terus tadinya mau ke pinggir sungai yang nggak jauh dari City Hall tapi kita akhirnya menyerah karena kita NGGAK BERANI NYEBERANG. Gue kira nyeberangin Margonda udah serem banget tapi ini lebih mengerikan. Ya kalau kalian ke Vietnam nanti akan mengerti deh gimana mengerikannya motor di sana. Kalau kata temen gue, seseremnya motor di Jakarta, kalau ada manusia ya jadi lebih lambat. Motor di sana mah nggak begitu. Jadi ya gitu deh nyeberang jalan rasa Fear Factor.

Overall, yang paling seru dari Vietnam selain atraksi wisatanya tuh ya bangunan-bangunannya. vibes-nya Semarang tahun 90an banget. Belum lagi sign toko yang kerlap-kerlip warna-warni. Terus kayak masih banyak toko kelontong atau tok-toko kecil yang rame gitu lebih rame daripada mall-nya. Sambil jalan-jalan sambil ngobrolin dan penasaran sampai kapan ekonomi mereka akan bentuknya terus begitu. Apakah, let's say, 5 atau 10 tahun lagi masih kayak gitu atau ya isinya akan penuh mall. Cuma kayaknya dari proyek dengan label retail asal Jepang ini kayaknya siiiiiih menuju Jakarta hehehe.

Jadi, yuk dunia cepetan sembuh. Aku mau ke Vietnam lagi. Da Nang atau Vietnam tengah gitu seru kayaknya :)