Corona di Bulan April

sebuah notes dari aku yang mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak berkeliaran.

jujur dah stress juga ternyata karantina diri terbatas gini. terus gue kebayang tiba-tiba gimana rasanya ya yang di lapas? kayak mau dibilang makan udah disediain juga harga kemerdekaan tuh gak bisa dinilai gak sih?! jadi ya intinya penjara itu kejam demikian.

disclaimer lebih lanjut: postingan ini cuma akan cerita tentang aku dan corona-coronaan ini alias 100% curhat.

jadi intinya: APRIL GUE DIRUSAK CORONA

dari tahun lalu gue udah mengantisipasi kedatangan bulan april 2020. karena harusnya april ini gue unlock Myanmar. harusnya april ini juga gue mencoret 'nonton konser Simple Plan' dari list impian gue. terus pas kayak kanal berita internasional masih bahas pneumonia (yang akhirnya berubah nama jadi covid-19) sama flu babi di Cina secara bergantian ya gue gak mikir apa-apa. cuma jadi ngikutin aja karena topiknya menarik banget buat gue. terus tiba-tiba cina outbreak then things escalated soooo quickly. 

kenapa dari awal banget gue udah tertarik sama virus-virus ini? i have no background in medical science or virology atau apa pun itu but i love watching documentaries. sampai suatu saat gue nonton film dokumenter tentang seberapa rentannya manusia sekarang sama eksposur penyakit-penyakit baru. kenapa? karena jumlah manusia semakin banyak sehingga membutuhkan lahan buat tinggal dan makanan lebih banyak. akibatnya kita banyak buka lahan dimana lahan-lahan itu sebenarnya adalah habitat banyak hewan liar. terus kita juga butuh makanan. maka diproduksilah bahan pangan secara massal, termasuk hewan. semua ini intinya satu. kontak manusia ke hewan jadi semakin banyak! nah, dari kontak-kontak ini lah mungkin ada transmisi penyakit. penyakit yang di hewan adalah penyakit wajar, pas masuk ke manusia dan bermuatasi dan berpindah ke manusia lain, bisa macem-macem kejadiannya. sebenarnya stressing dari dokumenter yang gue tonton tuh lebih ke gimana harusnya manusia jaga diri dan lebih perhatian sama cara menyediakan bahan pangan yang aman gitu sih. but still. habis itu gue sempet diskusi sotoy juga sama temen gue yang sebenernya sama-sama gak punya background di bidang ini but we are a whole bunch of ENTPs jadi diskusi sotoy sama diskusi ilmiah sama serunya. dari sini gue sama temen gue malah mulai main PLAGUE.Inc, sebuah game yang setelah cina lockdown malah banyak dimainin orang cina dan kemudian di-banned sama pemerintah cina lmao.

jadi kebayang gak sih, sebelum manusia heboh, sebelum cina declare breakdown, gue lagi suka-sukanya sama topik ini. jadi gue parno duluan. sampe pas gue harus dinas ke Batam di awal februari, gue udah gak panik. kayak panik gue udah abis aja gitu. gue hampir nekad nyebrang ke SG yang waktu itu udah lumayan parah kalau gak dilarang orang hotel. di bulan februari juga, gue masih excited sama rencana liburan dan ngonser gue di bulan april karena anjir gue naif banget tapi gue gak kepikiran situasi bakal segawat dan sepanik ini. di Indonesia terutama. yang gue perhatiin waktu itu malah Thailand karena gue transit di sana. waktu Indonesia didesak negara-negara lain buat declare juga gue cuma hahahihi aja. bahkan sampe awal maret gue masih yakin mau ke myanmar.

lalu awal maret juga, myanmar ngebatalin semua festivalnya. gue udah mulai degdegan. terus datanglah email dari maskapai. perasaan gue udah gak enak aja. awalnya cuma pindah jam. eh sekian jam kemudian langsung DIBATALIN. terus kayak ANJIR BENERAN LAH. kalo udah gitu mau gimana coba? dan bener aja. minggunya jakarta dihimbau working from home. ini tuh udah kayak............ hadah lelah banget. sumpah. sehari, dua hari, gue masih biasa aja. lalu satu persatu konser gue batal. terus gue makin stress. mana wfh bikin kerjaan makin gak tau waktu. gue di kosan tapi rasanya kayak kerja lembur tiap hari karena gak ada batasan yang jelas. jadi gue mulai stress.

gue stress dan rasanya pengen ngeluh. tapi apa yang gue rasain tuh gak ada apa-apanya dibandingin temen gue yang nikahannya terpaksa ditunda. atau siapa pun yang sakit, atau lebih dari itu. abisnya kalo gue ngeluh kayak gak tau diri banget gak sih? (tapi ini gue ngeluh!!!!) WKWK

yaudah intinya gue cuma mau mampir buat curhat. maafin gue. stay safe semua!

Comments

Popular Posts