Birthday Trip!



sebelumnya mau numpang kesel dulu boleh ya.

 I DID WRITE THIS WHOLE POST BEFORE TAPI TERUS GAK TAU GIMANA ILANG GITU AJA PADAHAL UDAH PUBLISHHHH. GAK NGERTI ANEH BANGET BLOGSPOT IH!

jadi harus nulis ulang semuanya tuh sumpah PR banget yatuhan aku pusing tapi pengen nulis hiks yaudah tapi mau gimana lagi kan harus nulis semua LAGI walaupun yakin pasti bakal beda sama tulisan sebelumnya. udah gitu aja.

--------------------------------------------- batas marah-marah ----------------------------------------------

    Judulnya "Birthday Trip" soalnya emang gue pergi di hari ulang tahun gue yang ke-... wkwk males banget nyebut angkanya. Judulnya "Birthday Trip" karena trip ini juga sebagai hadiah dari gue buat gue. Ini sombong sih, tapi kayak 'sebelum orang mengapresiasi diri gue, gue harus bisa mengapresiasi diri gue sendiri dulu'. Lagian, bangga aja sih gue kalau orang yang paling bisa bikin gue paling bahagia di hari lahir gue adalah diri gue sendiri (full of myself banget anjir geli gue)  wkwk. Ya singkat cerita, setelah galau semingguan mau pergi beneran atau gak karena kondisi keuangan yang cukup terguncang setelah pulang dari China, gue memutuskan untuk nekad beli tiket ke Singapura.
    Kenapa ya harus Singapura? Padahal gue selalu bilang kalo gue paling males ke Singapura simply karena kesan pertama gue disana ya, biasa aja. Soalnya gue bukan anak yang belanja gitu, dan Singapura overpriced banget menurut gue. TAPI (mulai deh justifikasi menjilat ludah sendiri wkwk):
1. Ada konser Day6 di Singapura sehari setelah ulang tahun gue dan gue suka banget sama Day6 dan punya cita-cita nonton Day6 selain di Jakarta. Tahun lalu sempet kepikiran nonton di Manila (bcs yes, i LOVE Manila) tapi belum sempet beli, tiketnya udah abis. Jadi, konser di Singapura ini tuh kayak menggoda iman banget.
2. Singapore is a super safe country for woman solo traveler. Ya gitu emang, sok pengen solo travel tapi selalu mundur kalo baca blog di daerah destinasinya suka banyak turis cewek digodain.
3. Udah pernah ke Singapura tapi gak puas karena waktu itu perginya sama orang nyebelin!
Atas dasar ketiga hal tersebut setidaknya, gue memutuskan, ya udahlah pergi aja. Karena ini dadakan, cuma cuti sehari, dan gak punya anggaran buat beli oleh-oleh, jadi gue pergi semi diam-diam muahahaha. Beneran dah orang rumah ngiranya gue pergi ke kantor kalik pagi itu. Padahal mah ke pool shuttle bandara.
    Trip kali ini beda banget sama yang sebelum-sebelumnya (iyalah!). Biasanya gue selalu pergi paling gak berdua, tapi kali ini i'm going solo lo lo lo lo~ Biasanya gue bikin itinerary walaupun selalu cuma garis besar aja, tapi kali ini gue bahkan gak tau mau kemana aja selain nonton konser di hari kedua. Mau makan dimana aja gue segala minta rekomendasi temen yang emang sering bistrip ke Singapura pas udah laper banget. Sesantai itu loh trip-ku. Gak dikejar waktu, gak dihantui list destinasi yang mau dikunjungi, atau pun ekspektasi partner jalan. Untuk pertama kalinya, gue ngerasain kalo traveling bisa sebebas ini. Hahaha gak tau gimana jelasinnya tapi ini tuh kayak disconnecting yourself from outside world. Kayak, mundur sebentar buat tarik nafas.
    Tau sih kalau partner jalan tuh menentukan banget perasaan kita waktu traveling, tapi ternyata gak punya partner juga punya efek yang wow! Solo traveling beneran kayak kado terbaik yang pernah gue berikan untuk diri gue sendiri. Karena saat solo traveling kemarin gue tuh kayak dikasih kesempatan buat melakukan apa yang gue bener-bener mau tanpa peduli ekspektasi orang. Mau kemana, makan apa, naik apa, mau ngapain, semuanya gue pilih sendiri dan gue tanggung risikonya sendiri. Kalau gak bagus, ya itu risiko. Kalau nyasar, ya itu risiko. Kalau enak, ya itu risiko juga. Sepanjang 3 hari itu gue kayak belajar tentang diri gue lagi. Apa yang gue suka, apa yang sebenarnya bikin gak nyaman. Di 3 hari itu gue juga dikasih kesempatan buat nyoba apa pun yang gue mau tanpa harus pusing mikirin respon orang lain atas pilihan-pilihan gue. Karena selama ini kita hidup di tengah masyarakat, dengan berbagai ekspektasinya. Tanpa sadar kita tuh udah ngorbanin banyak hal, demi memenuhi ekspektasi itu. Makanya tadi gue bilang solo traveling itu kayak disconnecting yourself from outside world.
    Disconnecting yourself from outside world tuh terkesan kayak semedi gitu ya? Hahaha gak kok. Gue tetep ngobrol random sama orang-orang. Maksudnya tuh lebih kepada lo melepaskan dunia lo yang biasa. Gini deh, gue kan anaknya people person banget nih. Kalau jalan yang jadi tujuannya tuh ngeliatin kelakuan orang-orang disana. Kalau gue pergi berdua, either gue akan ngebahas sama temen gue yang bikin impresi gue atas apa yang dilihat itu sedikit banyak terpengaruh temen ngobrol gue, atau gue malah akan ngomongin hal lain dan melewatkan banyak hal seru yang harusnya bisa gue amati. NAH sedangkan kalau kita solo traveling tuh kita jadi bisa ngasih impresi tanpa pengaruh itu. Impresi yang bisa beda banget dari biasanya. Jadi kayak ngeliat dunia dari kacamata yang bener-bener beda. Dan itu seru! Banget!

    Udah enek gak sama perasaan-perasaan absdurd-ku soal solo traveling? HAHAHA ya udah sekarang aku mau cerita aku disana ngapain aja ya..
  • Muterin mall buat nyari laksa rekomendasi temen gue yang berujung gue mesen menu lainnya. HAHAHA suka badut emang anaknya tapi gue seneng soalnya mie baso ikan yang gue pesen juga enak dan banyak dan murah buat ukuran Singapura yang OVERPRICED!
  • Henderson Waves! Jembatan yang pernah hype banget pada masanya. Itu lumayan jauh lokasinya tapi gue nekad aja naik bus keliling Singapura. Eh pas sampe di haltenya gue bingung dong naik ke jembatannya lewat mana soalnya itu halte kayak ada di tengah hutan UI dan gak ada tanda-tanda pengunjung berbondong naik ke jembatannya. Padahal jembatannya di atas kepala gue ya tapi kan gua kagak mungkin loncat ya Bambank! Ya udah akhirnya nemu tangga yang rusty gitu, kirain bakal nyasar taunya itu kayak jalan pintas. Makanya sepi dan mayan horor. Di atas, pas menjelang sunset, terus bagus!!! Super kaget tiba-tiba dimintain tolong buat fotoin seorang mba-mba. Ternyata dia orang Myanmar dan solo traveling juga. Bangga banget gue sama wanita masa kini :)
  • Ngambil rute bus yang muter dari Henderson Waves ke Orchard Rd. Pas banget orang pulang kerja kan. Terus seru aja liat orang pulang kerja, capek, naik bus turun di halte apartemennya. Bahkan ada bapak-bapak yang kayaknya setiap hari naik bus itu sampe akrab banget sama supirnya. Ini juga bukti seberapa tepat waktu dan monotonnya hidup orang Singapura hahaha sampe bisa ketemu terus kan.
  • Nyobain Heytea yang antreannya super panjang dan harganya super mahal tapi menurut lidah kampung gue rasanya biasa aja. Sumpah ini mah bayar penasaran doang. Ogah kalo suruh beli lagi. Tapi ya gak nyesel juga, kan kalo gak nyobain akan selamanya penasaran doang. Oh fyi aja, yang antre juga kebanyakan orang Indonesia lmao.
  • Quick snacks shopping di Orchard Rd dan Mustafa. Hadeuh ini mah mandatory activity banget buat turis Indonesia. Gitu doang, gak seru, tapi kayak harus karena ya udah gitu terus kenapa gak? Bukti nyata bahwa susah banget sebenernya melepaskan pengaruh kebiasaan orang-orang sekitar dari hidup kita #naon
  • Nginep di pods hotel ala-ala traveler hipster. Tapi tetep nyari yang paling murah walau deket Red District yang penting murah dan deket stasiun.
  • Bangun siang waktu traveling bcs why not!!
  • Ke Katong naik bus yang (lagi-lagi) rutenya jauh. Niatnya mau ke toko barang antik itu lohhhh taunya tutup tapi yaudah neighborhood-nya juga bagus buat foto-foto. Terus harus sakit hati bayar air mineral botolan hampir 3 SGD sumpah mahal banget di GBK yang gue suka protes kemahalan aja gak segitunya :(
  • Naik bus lagi ke Haji Lane tapi kelewatan 2 stops gara-gara gue keasyikan ngeliatin keluarga bule yang cool abis! Begonya pas sadar kelewatan, gue main turun aja gitu. Baru sadar kalau itu jalan searah jadi gak ada bus yang langsung balik. Pilihannya gue jalan hampir 1 km ke bus stop terdekat atau jalan hampir 2 km ke Haji Lane. Pilihan gue tentu saja jalan ke Haji Lane. Jiwa pelitku menjerit lebih keras dibandingkan jiwa magerku :)) 
  • Thawaf di Haji Lane. Penuh banget manusia itu gang! Semua orang kek lomba foto gitu di depan mural-muralnya. Gue mah ngadem aja masuk-masuk toko barang-barang etnik yang lucu-lucu banget! Kalo punya duit bisa kalap soalnya barangnya gue banget ?????
  • Beli kopi '% Arabica' yang hits banget heuheuheu. Gak niat beli tapi kebetulan lewat dan masih ada sisa duit. Soalnya pas di Shanghai udah sempet niat mau beli ini tapi udah keliling Xintiandi gak nemu juga. Rasanya? Kopinya biasa aja sih. Cuma rasa susunya beda sama kopi-kopi Jakarta. Harganya mahal banget dah pusing antreannya juga panjang banget. Iya, bisa ditebak juga isinya orang Indonesia semua :)
  • Makan nasi biryani di depan Masjid Sultan. Murah dan banyak banget buat ukuran lokasi sestrategis itu. Tapi itu dia yang bikin tempatnya rame banget sampe gue mual karena pusing liat manusia banyak.
  • Solat dan numpang bo**r di Masjid Sultan. HEHEHE ketawain aja.
  • NONTON KONSER DAY6 !! HUHUHU ONE OF MY BEST CONCERT EXPERIENCE (akan diceritakan terpisah)
  • Menjelaskan cara makan NutellaGo ke ibu-ibu kasir Sevel karena dia pikir itu isinya nutella biasa dan bingung gue menjadikannya snack. Padahal kan dia yang jualan???
  • Duduk di depan boarding gate sambil nengok-nengok ngarep karena katanya ada yang pulang tanggal segitu. Padahal gue gak tau dia naik pesawat apa dan transit Changi gak. Dan bahkan. Gue gak tau dia tuh tanggal 6 baru jalan apa udah nyampe WKWK A CLOWNERY
Ya udah gitu aja. Gue seneng. Tabungan gue gak. Dan berikut beberapa foto selama disana. No context aja.



Katong., neighborhood artsy yang jualan aqua 3 dolar!



dalam usaha mendukung patjar
gue cuma jadi tukang foto @ henderson bridge 

Comments

Popular Posts